cara mengobati asam urat, Obat Herbal, Tanaman herbal asam urat, obat herbal asam urat,tanaman obat sakit asam urat, agen resmi herbal, obat sakit asam urat

Penyakit Menular Antraks

 Penyakit Menular  Antraks

 

Anthrax adalah penyakit infeksi gawat yang disebabkan oleh bakteri yang bernama bacillus anthracis. Antraks paling sering menyerang herbivora-herbivora liar dan yang telah dijinakkan, namun juga dapat menjangkiti manusia karena terekspos hewan-hewan yang telah dijangkiti, jaringan hewan yang tertular, atau tehirup spora antraks. Pada umumnya, penyakit anthrax yang berakibat fatal itu terjadi apabila orang menghirup bakteri anthrax dalam kadar yang tinggi saat bakteri berubah menjadi spora. Spora bakteri antrax ini bisa disebar-luaskan oleh angin karena ukurannya yang sangat kecil.

Spora yang terhirup kemudian masuk ke paru-paru dan kembali berkembang menjadi bakteri anthrax ganas yang mengakibatkan pendarahan dan rusaknya paru-paru, sehingga korbannya akan meninggal dalam waktu kira-kira satu minggu.

Anthrax sebetulnya bukan penyakit baru dan sudah diketahui sejak lama oleh para peternak sapi, kambing dan biri-biri. Khususnya di mana ternak potong itu tidak di vaksinasi, seperti di dunia berkembang. Para pekerja peternakan biasanya terkena penyakit anthrax kulit karena bersentuhan dengan dari hewan-hewan yang sakit. Kata para pakar 95 persen kasus anthrax yang diketahui adalah anthrax yang menyerang kulit, dan mudah diobati.

Selain penyakit anthrax yang disebabkan oleh spora yang masuk ke tubuh manusia lewat saluran pernapasan, anthrax juga bisa ditularkan lewat daging yang tercemar dan tidak dimasak dengan sempurna.
Kata para pakar kesehatan, spora anthrax baru bisa menimbulkan bencana kalau masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah cukup banyak, yaitu antara 2,500 sampai 50,000 butir spora yang kecil.

Kalau orang terhirup spora anthrax dalam jumlah cukup banyak, orang itu akan sakit seperti orang yang terkena demam influenza. Otot-otot sakit, kemudian demam, yang dilanjutkan dengan kesulitan bernapas dan akhirnya orang yang bersangkutan akan mati. Karena itulah bakteri anthrax dalam bentuk spora itu dianggap sebagai bencana potensial kalau digunakan sebagai senjata pemusnah massal.

A. Penyebab Penyakit Anthrax

Penyebab penyakit anthrax adalah bakteri Bacillus anthracis. Cara masuknya ke dalam tubuh kita adalah dengan cara penempelan bakteri Bacillus anthracis langsung di kulit; mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri Bacillus anthracis; atau menghirup udara yang terkontaminasi spora bakteri Bacillus anthracis.

B. Cara Penularan dan Penyebaran Penyakit Anthrak

Bacillus anthracis tidak berpindah langsung dan ternak satu ke ternak yang lain, tapi biasanya masuk ke dalam tubuh ternak bersama makanan, perkakas kandang atau tanah (rumput). Infeksi tanah inilah yang dianggap paling penting dan berbahaya. Spora yang ada di dalam tanah bisa naik ke atas oleh pengolahan tanah dan hinggap di rumput, yang kemudian dimakan ternak bersama sporanya. Demikian juga spora itu bisa masuk ke dalam kulit, apabila hewan itu berada dan tidur di tempat yang tercemar.

Spora ini akan tumbuh dan berbiak dalam jaringan tubuh dan menyebar ke seluruh tubuh mengikuti aliran darah. Ternak penderita penyakit anthrax dapat menulari ternak lain, melalui cairan (eksudat) yang keluar dan tubuhnya. Cairan ini kemudian mencemari tanah sekelilingnya dan dapat menjadi sumber untuk munculnya kembali wabah di masa berikutnya. Cara penularan lain, bila ternak penderita sampai dipotong/bedah atau kalau sudah mati sempat termakan burung liar pemakan bangkai, sehingga sporanya dapat mencemari tanah sekitarnya, serta menjadi sulit untuk menghilangkannya.

Hingga kini, para ahli tetap menyatakan penyebab penularan penyakit antraks adalah kuman Bacillus anthracis Di alam, bakteri antraks ni basanya ada dalam kondisi tidur. dan bersembunyi dalam tanah hingga mampu bertahan sampai 50-70 tahun. Bakteri yang tergolong bersel satu ini bisa terbangun kembali dan tidurnya ketika kondisi lingkungan sangat mendukung untuk menyebarkan penyakit pada hewan dan manusia.

Dengan kata lain, spora yang tinggal dalam tanah itu akan hidup kembali , bila tanah tempat ia tinggal tergenang air atau datang musim hujan. Kuman ini akan tumbuh kembali dan siap menyerang hewan yang ada di sekitarnya. Hebatnya lagi, kuman ini dapat terserap oleh akar tumbuh-tumbuhan, bahkan hingga dapat masuk ke dalam daun dan buah. Apa yang terjadi selanjutnya, kita bisa menebak bahwa akhirnya kuman mampu menginfeksi ternak maupun manusia yang mengonsumsinya.

Sumber infeksi lainnya ialah bangkai tenak pengindap antraks. Pada kondisi ini, miliaran Bacillus anthracis bisa memadat di darah dan organ-organ dalam ternak. Bahkan keterangan lain meriyebutkan bahwa disinyalir di seluruh bangkai hewan tersebut dianggap mengandung kuman penyakit antraks.

Dalam satu milimeter darah, setidaknya mengandung satu miliar kuman antraks. Bila kuman itu berinteraksi dengan oksigen, ia dapat segera mengubah diri dalam bentuk spora. Bila kondismnya demikian, dipercaya kuman ini memiki daya tahan tubuh yang lebih kebal dari sebelumnya. Kuman-kuman dalam bentuk spora inilah yang dapat hidup hingga 70 tahun lamanya.

C. Pencegahan Penyakit Anthrax

Anthrax pada manusia dapat dicegah dengan tindakan-tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan antara lain:
1. Cuci tangan sebelum makan
2. Hindari kontak dengan hewan atau manusia yang sudah terjangkit anthrax
3. Beli daging dari rumah potong hewan yang resmi
4. Masaklah daging dengan sempurna
5. Hindari menyentuh cairan dari luka anthrax
6. Melaporkan secepat mungkin bila ada masyarakat yang terjangkit anthrax
Bagi peternak atau pemilik hewan ternak, upayakan untuk menvaksinka hewan ternaknya. Dengan Pemberian SC ,untuk hewan besar 1 ml dan untuk hewan kecil 0,5 ml.Vaksin ini memiliki daya pengebalannya tinggi berlangsung selama 1 tahun.

D. Cara Pengobatan Penyakit Anthrax

Semua penyakit anthrax secara efektif dapat diobati dengan menggunakan antibiotik, seperti penicillin, doksisiklin, atau ciproflaksin.Pada inhalational dan gastrointestinal anthrax, pemberian antibiotik harus segera diberikan pada saat penderita melakukan kontak dengan bakteri anthrax. Hal ini karena pada saat gejala timbul, anthrax jenis ini tidak merespon terhadap antibiotik. Perawatan di rumah sakit yang berfasilitas lengkap merupakan keharusan bagi penderita penyakit anthrax.

Untuk hewan tersangka sakit dapat dipilih salah satu dari perlakuan sebagai berikut :
1. Penyuntikan antiserum dengan dosis pencegahan (hewan besar 20-30 ml, hewan kecil 10-1 ml)
2. Penyuntikan antibiotika
3. Penyuntikan kemoterapetika
4. Penyuntikan antiserum dan antibiotika atau antiserum dan kemoterapetika.
Cara penyuntikan antiserum homolog ialah IV atau SC, sedangkan untuk antiserum heterolog SC. Dua minggu kemudian bila tidak timbul penyakit, disusul dengan vaksinasi.

E. Cara Pengendalian Penyakit Anthrax

1. Penyembelihan hewan di laksanakan di RPH resmi dibawah pengawasan dokter hewan.
2. Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum penyembelihan (ante mortem) dan pemeriksaan kesehatan daging, karkas, jeroan dan kepala setelah penyembelihan (post mortem) oleh dokter hewan atau para medis kesehatan hewan dibawah pengawasan dokter hewan.
3. Hewan yang demam tinggi dan sakit jangan disembelih hanya hewan yang sehat berdasarkan pemeriksaan ante mortem boleh disembelih.
4. Paralatan dan kandang yang kontak dengan hewan yang sakit harus didesinfeksi.
5. Hewan penderita anthrax ;
a. harus diisolasi (tidak kontak dengan hewan sehat lainnya)
b. ditangani dan diawasi oleh dokter hewan atau para medis kesehatan hewan atau petugas yang berwenang.
c. Hewan penderita anthrax dilarang disembelih.
6. Hewan yang mati karena anthrax harus segera dimusnahkan adengan cara dibakar atau dikubur dalam-dalam. Seluruh peralatan dan kandang dimusnahkan atau didesinfeksi
7. Orang yang kontak dengan hewan yang sakit dan mati akibat anthrax harus :
a. Memperhatikan higiene pribadi dan sanitasi lingkungan.
b. Segera berobat ke RSUD atau dokter terdekat.

::Penyakit Menular  Antraks::
penyakit antraks pdf, penyakit antraks pada ternak, penyakit antraks kulit, penyakit antraks pada kambing, penyakit antraks ppt, penyakit antraks di indonesia, penyakit antraks menyebar pada manusia melalui, penyakit antraks pada cabai, penyakit antraks pada cabe, penyakit antraks di gorontalo, penyakit antraks adalah, askep penyakit antraks, artikel penyakit antraks, arti penyakit antraks, apakah penyakit antraks, agen penyakit antraks, bakteri penyebab penyakit antraks adalah, penyakit antraks pada sapi bali, berita penyakit antraks, bakteri penyakit antraks, bentuk penyakit antraks, bahaya penyakit antraks, www.penyakit antraks.com, ciri penyakit antraks, contoh penyakit antraks, penyakit antraks disebabkan oleh, penyakit antraks download, penyakit antraks doc, epidemiologi penyakit antraks di indonesia, kasus penyakit antraks di indonesia, penyakit antraks pada domba, diagnosa penyakit antraks, diagnosis penyakit antraks, penyakit endemik antraks, epidemiologi penyakit antraks, etiologi penyakit antraks, frekuensi penyakit antraks, foto penyakit antraks, gejala penyakit antraks, gejala penyakit antraks pada sapi, gejala penyakit antraks pada kambing, penyakit antraks pada hewan, penyakit antraks pada hewan ternak, penyebab penyakit antraks pada hewan, penyakit antraks yang terjadi di indonesia, istilah penyakit antraks, identifikasi penyakit antraks, perkembangan penyakit antraks di indonesia, penyebab penyakit antraks, penyebab penyakit antraks pada sapi, mencegah penyakit antraks, penyebab penyakit antraks pada manusia, penyebab penyakit antraks pada ternak, jurnal penyakit antraks, jenis penyakit antraks, kasus penyakit antraks, kesimpulan penyakit antraks, komplikasi penyakit antraks, klasifikasi penyakit antraks, makalah penyakit antraks lengkap, penyakit antraks menyerang, penyakit antraks meningitis, penyakit menular antraks, epidemiologi penyakit menular antraks, makalah penyakit menular antraks, makalah penyakit antraks, gejala penyakit antraks pada manusia, obat penyakit antraks, penyakit antraks pada sapi, riwayat penyakit antraks, mengapa penyakit antraks sulit diberantas, sejarah penyakit antraks, surveilans penyakit antraks, siklus penyakit antraks, sap penyakit antraks, pencegahan penyakit antraks pada sapi, transmisi penyakit antraks, tipe penyakit antraks, obat untuk penyakit antraks, vektor penyakit antraks, video penyakit antraks, virus penyakit antraks, www.penyakit antraks, wabah penyakit antraks



@



1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

lairdjackson mengatakan...

Slots No Deposit Bonus Codes - Wooricasinos
When looking 무료 슬롯 머신 for a casino to make an initial deposit bonus, most people want to go into details 해외 토토 about mw88 their bonus, so 토토 검증 먹튀 랭크 when 사이트 제작 it comes to deposit

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Penyakit Menular Antraks