cara mengobati asam urat, Obat Herbal, Tanaman herbal asam urat, obat herbal asam urat,tanaman obat sakit asam urat, agen resmi herbal, obat sakit asam urat

Penyakit Menular Batuk Rejan

 Penyakit Menular Batuk Rejan




Penyakit batuk rejan atau dalam dunia kesehatan dikenal dengan sebutan “pertusis” atau dalam bahasa inggris Whooping Cough merupakan satu dari sekian banyak penyakit menular. Didunia terjadi sekitar 30 sampai 50 juta kasus pertahun dan menyebabkan kematian pada 300.000 kasus (dari data WHO). Penyakit ini biasanya terjadi pada anak berusia dibawah 1 tahun. 90% dan biasanya ditemukan di negara berkembang. Batuk rejan termasuk penyakit infeksi saluran pernafasan (infeksi paru-paru) yang menyebabkan sarengan batuk yang bertubi-tubi.

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh setiap orang yang sebagian besar disebabkan karena adanya masalah pada sistem pernafasan. Salah satu jenis batuk yang kerap kali menyerang anak dibawah usia 1 tahun adalah batuk rejan. jenis batuk ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh Bacterium Bordetella dan Bacteria Parapertussis.
Batuk rejan banyak dikenal dengan nama batuk pertusis dan bisa diderita oelh seluruh kelompik usia. Batuk jenis ini akan sangat membahayakan bila yang diserang adalah bayi berusia dibawah 1.5 tahun. Lalu apa sebenarnya batuk rejan tersebut?

Batuk akut merupakan batuk yang berlangsung lebih dari 2 minggu. Kemudian batuk kronis merupakan batuk yang bisa berlangsung lebih dari 3 bulan. Batuk kronis berulang yang kerap kali menyerang anak-anak bisa dikarenakan oleh asma, pertusis, dan juga tubercolosis. Pertusis ini merupakan batuk kronis yang dikarenakan oleh kuman yang bernama bordetella pertusis.

Batuk rejan adalah batuk yang menular dan bisa menular melalui bersin, batuk dan juga muntah yang dialami oleh si penderita. Proses dari terjadinya penularan batuk ini yaitu kuman atau bakteri penyakit yang terbang dan terhisap oleh orang lain yang berdeketan dengan si penderita. Penderita dari batuk rejan ini mayoritas adalah anak-anak berusia antara 5 hingga 13 tahun, namun tidak menutup kemungkinan individu yang berusia kurang atau lebih dari usia itu bisa terjangkit penyakit ini.

Gejala Dari Batuk Rejan (Pertusis)

batuk rejan 

Gejala awal mirip dengan flu biasa, biasanya berkembang sekitar satu minggu setelah terpapar bakteri. Episode yang parah dari batuk mulai sekitar 10 sampai 12 hari kemudian. Pada anak-anak, batuk sering berakhir dengan suara “teriakan”. Suara diproduksi ketika pasien mencoba untuk mengambil napas. Suara teriakan jarang terjadi pada pasien di bawah usia 6 bulan dan pada orang dewasa.
Batuk dapat menyebabkan muntah atau kehilangan kesadaran yang singkat. Pertusis harus selalu dipertimbangkan ketika muntah terjadi dengan batuk. Pada bayi, tersedak adalah kejadian yang paling sering.

Gejala Batuk Rejan / Pertusis Lainnya

  • Batuk yang terus menerus dan membuat si penderita seakan tak memiliki kesempatan bernafas sama sekali
  • Si penderita kadangkala akan muntah saat batuk
  • Pusing dan susah tidur
  • Tubuhnya terasa sangat lema seakan tidak memiliki tenaga
  • Hidung ingusan / meler
  • Sedikit demam / 102 derajat fahrenheit atau lebih rendah
  • Diare
Setelah sekitar 1 sampai 2 minggu batuk. Batuk bisa berlangsung selama lebih dari satu menit, anak dapat berubah menjadi merah atau ungu. Pada akhirnya, anak dapat membuat suara rejan karakteristik saat bernapas dalam atau mungkin muntah.

 ::Penyakit Menular Batuk Rejan::
 penyakit batuk rejang, penyakit batuk rejan (pertusis), penyebab penyakit batuk rejan, pencegahan penyakit batuk rejan, pengobatan penyakit batuk rejan, penyakit menular batuk rejan, ciri-ciri penyakit batuk rejan, cara pencegahan penyakit batuk rejan, riwayat alamiah penyakit batuk rejan, makalah tentang penyakit batuk rejan, penyakit batuk rejan, apa itu penyakit batuk rejan, cara mencegah penyakit batuk rejan, cara penularan penyakit batuk rejan, cara mengobati penyakit batuk rejan, gejala penyakit batuk rejan, pengertian penyakit batuk rejan



@



4 komentar:

Agus mengatakan...

ngeri juga ya gan padahal batuk loh

Opick Kusanagi mengatakan...

ada saran gak utk menghindarinya?

Kemal mengatakan...

makasih infonya gan

Unknown mengatakan...

Ternyata batuk juga ada jenisnya.

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Penyakit Menular Batuk Rejan