cara mengobati asam urat, Obat Herbal, Tanaman herbal asam urat, obat herbal asam urat,tanaman obat sakit asam urat, agen resmi herbal, obat sakit asam urat

Cara Mencegah asam urat

Cara Mencegah asam urat

Ulasan Tentang Cara Mencegah asam urat yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah suatu apaya mencegah asam urat melebihi batas normal yang direkomendasikan secara mendis. Perlu diketahui, secara mendis kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.
Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi.

Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit asam urat (gout) itu makin besar. Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit asam urat. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda.

Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun
Kita tegaskan kembali bahwa tunjuan dari pembahan ini adalah bagaimana kita mencari cara mencegah asam urat agar tidak mebihi batas yang telah direkomendasikan secara medis. Bagi anda yang telah mengalami serangan gejala asam urat segeralah lakukan langkah pencegahan agar gejala tidak merembat pada serangan gejala yang lain. Adapun bagi Anda yang belum mengalami serangan gejala asam urat ada baiknya sekali-kali melakukan cek secara medis untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah. Apabila kadar asam urat Anda melebihi ambang batas yang direkomendasikan, maka segeralah lakukan tindakan pencegahan agar tidak terus meninggi dan segera lakukan diet makanan dan terapkan pola hidup sehat. 

Adapun untuk rematik, nanti akan kita uraikan pada halaman tersendiri. Yang jelas, rematik dan asam urat memiliki gejala yang hampir sama tapi memilki  cara penanganan yang berbeda. Cara mencegah rematik silahkan klik di SINI !
Di bawah ini ada bebera cara mencegah asam urat naik melebih ambang batas dan beberapa cara mencegah serangan gejala asam urat melebar.

Cara mencegah penyakit asam urat akan kita uraikan berdasarkan penyebab timbulnya asam urat itu sendiri. Pada uraian penyebab penyakit asam urat, kita telah mengetahui bahwa penyebab asam urat dibagi menjadi dua, yaitu peyebat primer dan penyebab sekunder. Penyebab primer sangat terkait dengan tubuh dan kondisi si empunya. Sedangkan penyebab sekunder sangat terkait dengan asupan makanan dan faktor-faktor luar lainnya.

Baiklah, kita coba uraikan satu persatu cara mencegah penyakit asam urat berdasarkan penyebab-penyebab utama di atas.

Mencegah asam urat yang disebabkan oleh faktor primer
Faktor primer penyebab asam urat dan pencegahannya:
  1. Potensi genetik 

    Potensi genetik untuk seseorang berpotensi terkena penyakit asam urat adalah bersifat turunan. Ada seseorang yang memang dari segi gen dia punya potensi untuk teridap penyakit asam urat. Untuk merubah sifat gentik memang sangat sulit bahkan bisa dibilang mustahil dan bukan di sini pembahasannya. Tapi jangan khawatir, orang yang memang sdh punya gen pembawa asam urat insya Allah masih bisa terbebas dari asam urat asal faktor-faktor penyebab yang lain bisa dikendalikan baik faftor dari dalam dalam seperti ketidak seimbangan hormon maupun faktor dari luar seperti asupan makanan. faktor dari luar inilah yang nantinya akan kita bahas secara panjang lebar insya Allah.
     
  2. Ketidakseimbangan hormon


    Terlebih dahulu, apa yang perlu anda ketahui mengenai Hormon?  Hormon adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel. Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan fluida sel untuk mencari sel target. Ketika hormon menemukan sel target, hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel dan mengirimkan sinyal. Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan mempengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivitas protein selular, termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan tubuh, pengaturan metabolisme dan persiapan aktivitas baru (kawin, merawat bayi), atau fase kehidupan (misalnya pubertas dan menopause). Pada banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular.


    Ketidak seimbangan hormon dalam tubuh akan mepengaruhi sistem kerja dalam tubuh berjalan tidak sebagaiman mestinya. Baik sistem kerja kelenjar yang lain maupun sistem metabolisme tubuh secara umum. Ketidak seimbangan hormon bisa mempengaruhi proses pembentukan purin dalam tubuh menjadi meningkat yang pada akhirnya hasil sampingan motabolisme zat purin juga akan meningkat yaitu zat asam urat. Pada dasarnya tubuh sudah mampu produksi purin sampai 85% kebutuhan tubuh. Akibat ketidak seimbangan hormon, produksi purin bisa meningkat berkali lipat.


    Ketidakseimbangan hormon sangat dipengaruhi oleh antara lain:
    1. Ketidakseimbangan emosi dan pola hidup yang tidak teratur
    2. Penumpukan racun dalam tubuh
    3. Radikal bebas


    Cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat akibat ketidak seimbangan hormon adalah diantaranya:
    1. Selalu menjanga emosi dan selalu berfikir positf
    2. Lakukan pola hidup yang baik dengan menyeimbangkan masa aktif dan istirahat
    2. Melakukan detoksifikasi atau pengeluaran cacun dalam tubuh. caranya klik di sini
     
  3. Proses pengeluaran asam urat terganggu di ginjal

    Produksi asam urat yang terbentuk sebagai hasil samping metabolisme dalam kondisi normal akan dikeluarkan dari tubuh melalu ginjal bersama urine. Namun dalam kondisi atau sebab tertentu, asam urat tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal. Penyebabnya adalah munkin karena produksi asam urat yang sangat tinggi sehingga ginjal tidak bisa mengatasi untuk mengeluarkannya. Bisa jadi asam urat yang diproduksi normal cuma kondisi ginjal yang tidak fit alias sakit.

    Untuk mencegah asam urat untuk penyebab yang ketiga iini adalah:
    1. Selalu jaga kesehatan ginjal Anda. caranya klik di SINI
    2. Hindarkan menkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin, terutama bagi Anda yang lagi punya masalah dengan ginjal Anda. Dlam kondisi ginjal normal insya Allah tidak terlalu masalah untuk mengkonsi makanan tinggi purin kerena ginjal akan mampu mengeluarkan hasil samping metabolisme yang tidak diperlukan tubuh.
Mencegah asam urat atau penyakit asam urat yang disebabkan oleh faktor sekunder
Faktor primer penyebab asam urat dan pencegahannya
Penyebab ini sangat terkait erat dengan asupan makanan atau obat-obatan (obat kimia) yang masuk ke dalam tubuh.
  1. Menkonsumsi makanan tinggi purin

    Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumsi nutrisi yang tinggi kadar purinnya. Tingginya purin dalam darah tentu akan menaikkan hasil samping dari metobolisme zat tersebut yaitu zat asam urat.

    Cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat karena sebab ini adalah dengan menghindarkan diri atau meminimalisir dari makanan-makanan yang tinggi purin
     
  2. Alkohol dan Obat-obatan kimia

    Alkohol juga mengandung purin. Selain itu, alkohol akan memicu pengeluaran cairan sehingga meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Alkohol juga bisa memicu enzim tertentu di dalam liver yang memecah protein dan menghasilkan lebih banyak asam urat.


    Alkohol juga menyebabkan pembuagan asam urat lewat urin tergannggu sehingga asam urat tetap bertahan dalam darah. Demikian juga obat-obatan kimia. Di satu sisi obat-obat kimia bisa membantu menyembuhkan penyakit tapi disisi lain dia sangat berbahaya bagi organ-organ vital dalam tubuh seperti ginjal dan liver serta organ lainnya. Menggunakan obat-obatan kimia ibaratnya seperti kita menggunakan pisau bermata dua.


    Cara mencegah asam urat karena penyebab ini:
    1. Hindarkan sama sekali dari minuman beralkohol krn lebih byk negatifnya
    2. Hindarkan sebisa mungkin dari obat-obatan kimia kecuali kondisi darurat. Usahan menjadikan obat-obatan herbal sebagai alternatif utama dan pertama sebelum terpaksa menggunakan obat-obatan kimia.

    Cara Mengobati Asam Urat

    Cara mencegah asam urat,  Gejala Asam Urat, Pengertian asam urat, cara mengobati asam urat, cara menyembuhkan asam urat, obat herbal asam urat dan kolesterol, obat herbal asam urat dan rematik, obat herbal asam urat lihat videonya, obat herbal asam urat dan darah tinggi, obat herbal asam urat akut, obat herbal asam urat paling ampuh, obat herbal asam urat tinggi, obat herbal asam urat daun sirsak, 



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Cara Mencegah asam urat